7 tweak Opsi Pengembang Android yang harus Anda ketahui

Lihat Pengaturan Pengembang Android teratas yang dapat meningkatkan pengalaman Android Anda.

Penyesuaian smartphone Android adalah salah satu aspek yang menarik banyak pengguna ke platform. Meskipun ada hal-hal sederhana yang memungkinkan Android Anda lakukan, termasuk mengubah tema, wallpaper, ukuran font, atau beberapa animasi, sejumlah pengaturan lanjutan lainnya terselip di bawah laci rapi yang disebut menu Pengaturan Pengembang Android.

Bagian ini, yang disumpah oleh pengguna dan pengembang Android, biasanya disembunyikan secara default dan harus diaktifkan terlebih dahulu. Setelah ini, Anda dapat menemukan sejumlah pengaturan baru di sini yang dapat membantu Anda membawa pengalaman Android Anda ke tingkat berikutnya.

Cara mengaktifkan Pengaturan Pengembang Android

Pada sebagian besar perangkat Android, terlepas dari kulit khusus di atas seperti OxygenOS, OneUI atau MIUI, mengakses menu halaman Pengaturan Pengembang Pengembang melibatkan menemukan tab ‘Nomor Bangun’ di bagian Pengaturan / Tentang Telepon Anda dan dengan cepat mengetuknya 7 kali.

Ini akan menampilkan pesan kecil di bagian bawah layar yang akan mengatakan sesuatu seperti “Anda sekarang adalah pengembang”.

Perhatikan bahwa pada beberapa ponsel, opsi ini dapat diaktifkan dengan mengetuk beberapa kali pada elemen lain. Misalnya, di MIUI itu dapat diaktifkan dengan mengetuk beberapa kali pada tab ‘versi MIUI’. Periksa bagaimana Anda dapat mengaktifkan yang sama di ponsel Anda.

Setelah Anda mengaktifkan pengaturan pengembang, mereka dapat ditemukan di Pengaturan/Sistem/Opsi pengembang. Setelah selesai, berikut adalah tujuh Pengaturan Pengembang teratas yang harus Anda ketahui.

1. Konfigurasi USB default

Kebanyakan orang menggunakan kabel data mereka untuk mengisi daya telepon mereka atau menghubungkannya ke desktop/laptop untuk mentransfer beberapa file ke telepon. Tetapi Android akan membiarkan Anda memilih apakah Anda ingin mentransfer data, hanya mentransfer gambar, atau hanya mengisi daya ponsel setiap kali Anda menghubungkannya ke PC dengan kabel USB.

Namun, jika Anda selalu menghubungkan ponsel Anda ke PC hanya untuk mengisi daya atau hanya untuk mentransfer file, maka Anda harus memeriksa bagian ini dan memilih opsi default yang akan berlaku setiap kali kabel terhubung tanpa Anda perlu campur tangan.

2. Paksa aktivitas agar dapat diubah ukurannya

Salah satu fitur yang lebih baik dari versi Android yang lebih baru adalah kemampuan untuk mengubah ukuran jendela aplikasi di layar terpisah, memungkinkan Anda untuk benar-benar melakukan banyak tugas antar aplikasi. Ini menjadi lebih baik pada ponsel ‘phablet’ yang lebih besar atau perangkat lipat. Namun, tidak semua aplikasi akan langsung mendukung pengubahan ukuran jika pengembang belum mengoptimalkan aplikasi tersebut.

Di sinilah Anda dapat menggunakan sakelar ‘Paksa aktivitas agar dapat diubah ukurannya’ untuk memaksa aplikasi ini diubah ukurannya. Namun, perhatikan bahwa ini dapat menyebabkan masalah pada beberapa aplikasi.

3. Pilih aplikasi Lokasi Mock

Aplikasi lokasi tiruan memungkinkan Anda untuk memalsukan sisa ponsel Anda dengan berpikir bahwa Anda berada di lokasi yang sebenarnya tidak. Anda dapat menggunakan ini untuk mengelabui aplikasi tertentu agar menawarkan konten khusus kawasan yang mungkin tidak tersedia untuk Anda. Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan pengaturan ini bersama dengan aplikasi spoofing lokasi.

4. Animasi jendela, animasi Transisi, skala durasi Animator

Tiga dari pengaturan yang paling berguna di bawah bagian Pengaturan Pengembang adalah pengaturan skala animasi. Ini memungkinkan Anda menambah atau mengurangi durasi animasi jendela dan transisi, dan dalam beberapa kasus, akan membuat ponsel Anda tampil lebih cepat.

Biarkan durasi animasi pada 1,0x atau 1,5x untuk animasi yang panjang dan mulus (lebih baik pada ponsel dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi) atau turunkan hingga 0,5x untuk animasi yang lebih cepat dan pengalaman yang tajam. Bereksperimenlah dengan ketiganya untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda dan jangan ragu untuk menyetel ketiganya kembali ke 1,0x jika Anda merasa tidak nyaman.

5. Tampilkan ketukan

Banyak ponsel Android yang lebih baru memungkinkan Anda untuk merekam layar Anda. Ini adalah fitur praktis yang memungkinkan Anda menjalankan perintah, bermain game, atau melakukan tugas apa pun di ponsel Anda, dan mengirim rekaman layar ke orang lain yang sekarang dapat memahami apa yang Anda lakukan dengan lebih baik.

Tombol Tampilkan Ketukan akan menampilkan lingkaran kecil yang tembus cahaya setiap kali Anda mengetuk atau menyeret layar dan ini juga ditangkap dalam rekaman layar Anda, sehingga memudahkan siapa pun yang menonton rekaman Anda untuk mengikuti apa yang terjadi.

6. Nyalakan Ulang Lanjut

Mengaktifkan Advanced Reboot akan membuka opsi baru saat Anda menekan lama tombol daya untuk mematikan/me-restart telepon Anda. Alih-alih membatasi Anda pada dua opsi biasa, pengaturan ini juga akan memungkinkan Anda dengan cepat boot ke pemulihan atau bootloader ponsel Anda, yang berguna jika Anda seorang modder atau sedang dalam proses mendapatkan akses root di Android Anda.

Baca juga: berita android/aplikasi android

7. Pembukaan OEM

Membuka kunci OEM adalah sakelar sederhana, tetapi setelah dihidupkan, ini memungkinkan ponsel Anda memiliki bootloader yang tidak terkunci. Ini, pada gilirannya, akan memungkinkan Anda melakukan root pada ponsel Android Anda dan menjalankan ROM khusus di atasnya. Jika Anda seorang modder yang suka menggunakan ROM khusus seperti saya, ini adalah salah satu opsi pertama yang ingin Anda aktifkan di ponsel baru Anda.

Leave a Comment